Sunday, April 29, 2012

Cara Mengatasi Lampu Printer Canon IP2770 Blinking atau Berkedip

Printer merupakan alat cetak yang sangat penting untuk mencetak dokumen. Tanpa adanya printer, pekerjaan tidak akan dapat diselesaikan sebagaimana mestinya. Tetapi dalam beberapa kasus, semua merk dan jenis printer memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Disini saya coba sharing pengalaman pribadi saya sendiri dengan salah satu produk printer Canon seri IP2770 yang dipasang infus, tidak bisa mencetak dokumen, dan lampu orangenya berkedip/blinking sebanyak 16x. Saya sempat cemas ketika itu, karena printer tersebut baru dipakai seminggu sejak pembelian karena sebelumnya lancar-lancar saja. Saya lihat tintanya masih penuh, lalu saya buka penutup atasnya dan saya periksa cartridgenya, namun tidak ada kertas yang tersangkut disana.
Kemudian saya coba merestart kompi dan mematikan printer, lalu software printer saya instal ulang dan printer saya hidupkan kembali. Tetapi disaat perintah cetak dilakukan, printer kembali berkedip dan macet. Waduh.... bikin mumet aja nih printer... Lalu saya coba tekan tombol yang lampunya berkedip tadi lama-lama, saya berfikir mungkin tombolnya yang error nih.... Setelah saya tekan lama-lama, terlihat reaksi lampu powernya berkedip satu kali dan tombol orange tadi saya lepas. Beberapa saat kemudian, printer langsung melakukan pencetakan dokumen.... Alhamdulillah.... Namun saya masih belum puas dengan kenyataan yang saya alami, lalu saya coba cetak dokumen yang lain. Rupanya masih lancar nih tapi takutnya besok error lagi pikir saya. Saya coba matikan printernya dan saya hidupkan kembali, lalu saya perintah cetak dokumen, ehh... rupanya lampu orange printer kembali berkedip 16x, waduuuhhhh..... Lalu saya tekan kembali tombol lampu orangenya lama-lama seperti di atas dan setelah lampu power berkedip sekali saya lepas tombol lampu orangenya. Seeerrrrr printer langsung jalan lagi. Kok bisa gini nih printer pikir saya. Dengan rasa yang masih sangat penasaran, saya ulangi dengan mematikan printer kembali dan menghidupkan ulang. Saat melakukan pencetakan dokumen, alhamdulillah lancar-lancar saja dan sampai saat penulisan artikel ini, printer masih normal dan tidak blinking lagi.
Dari pengalaman ini saya menyimpulkan problem solving untuk printer jenis Canon IP2770 yang lampunya berkedip/blinking: - Dalam printer Canon IP2770 terdapat 2 Cartridge yaitu Hitam dan Warna.
- Diwaktu pemasangan infus, maka cartridge tersebut akan minta reset baik yang hitam maupun yang warna.
- Disaat lampu berkedip pertama kali sebanyak 16x, artinya salah satu cartridge minta direset. Maka tekanlah tombol yang ada lampu orangenya lama-lama dan tahan sampai lampu power di atasnya berkedip satu kali dan lepaskan tombol orangenya, maka Printer akan kembali normal dan bisa melakukan cetak dokumen.
- Dan jika kemudian lampu orange printer kembali berkedip, artinya printer minta reset cartridge kedua. Maka lakukan seperti cara di atas. Insya Allah printer akan normal kembali.
Itulah sekelumit pengalaman pribadi saya yang bisa saya bagikan kepada para pembaca, mudah-mudahan bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua. :)

----------Terima kasih atas kunjungannya---------

10 comments:

banu si bnpassti said...

makasih bos....printer saya normal lagi
makasih Y gan infonya

banu si bnpassti said...

makasih gan infonya...
printer saya normal kembali

Imam Buhari said...

triMkasih ea gaNN
taZ infonYa

raja listrik said...

pertamax
rajalistrik.com

Ugan Sugandi said...

Alhamdulillah,... tks Bos, infonya, skrg sy lega karna printernya dah kembali normal,...

EMIISC said...

Terima kasih banyak infonya, printer saya sudah ok lagi... syukron wa jazaakallahu khairon

EMIISC said...

Terima kasih infonya, alhamdulillah printernya sudah bagus lagi. syukron wa jazaakallahu khairon

jual dod bebek peking said...

terima kasih gan , berkat artikel ini , printer gue udah bisa di gunakan lagi

Rama Rahmawan said...

Terima kasih banyak informasinya.
Akhirnya dapet juga yang bermanfaat. :)

Via : Bandung IT

Anonymous said...

Ganjal aja catridge hitam dan warna pakai tisu yang tebal, agar catridige lebih ketekan ke pinnya

Google

News

Loading...